Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TERJUN KE DUNIA POLITIK : Arif S.Kep, M.K.M Ingin Mengabdi di Tanah Kelahiran

Arif S.Kep, M.K.M 

DISIPLIN dan pekerja keras, itulah gambaran sosok pemuda asal Pasaman Barat, Arif. Terlahir dari keluarga taat beragama mengantarkannya mampu beradaptasi dengan semua golongan. Arif S.Kep, M.K.M menempuh pendidikan di Sekolah Dasar di SD 83 Rimbo Janduang. Kemudian melanjutkan ke MTsN Simpang Empat dan SMK Karya Padang Panjang. Berlanjut ke jenjang perkuliahan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Amanah Padang.

Semasa perkuliahan Arif S.Kep, M.K.M menghabiskan waktunya dengan mengikuti kegiatan keorganisasian. Menariknya, ketika kuliah S1 di Padang bersama kawan-kawan Arif S.Kep, M.K.M mendirikan organisasi Ikatan Mahasiswa Keperawatan Sumbar (IMAKEP). Dan Arif S.Kep, M.K.M ditunjuk sebagai ketua pertama organisasi tersebut. "Sampai sekarang, IMAKEP masih eksis berdiri di tengah-tengah masyarakat dalam menghimpun seluruh mahasiswa keperawatan se-Sumbar," ucap Arif S.Kep, M.K.M yang kini dipercaya sebagai dewan pembina organisasi tersebut. Tidak hanya organisasi IMAKEP, Arif S.Kep, M.K.M juga aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Padang. 

Selama berproses di HMI, Arif S.Kep, M.K.M bersama kawan-kawan juga mendirikan Komisariat HMI STIKes padang, karena keaktifannya dalam berorganisasi. Dan lagi-lagi Arif S.Kep, M.K.M diamanahkan menjadi Ketua Umum Pertama di HMI Komisariat STIKes Padang. Sampai sekarang komisariat tersebut berstatus penuh dan aktif mencetak kader-kader militan yang memiliki jiwa organisatoris yang kuat dan memiliki wawasan keislaman dan kebangsaan.

Selesai menamatkan S1 di Padang pada 2013, Arif S.Kep, M.K.M ke ibukota Jakarta untuk merantau dan mencari pengalaman hidup. Sampai di ibukota Ia tetap berjuang sebagai aktivis dan masuk dalam jajaran pengurus di PB HMI, di lembaga kesehatan PB HMI. Selama aktif di PB HMI, Arif S.Kep, M.K.M memantapkan pikirannya untuk melanjutkan jenjang kuliah S2 di Universitas Muhammadiyah Jakarta pada 2014, di Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan konsentrasi Manajemen Administrasi Rumah Sakit.

Selain aktif di PB HMI, Arif S.Kep, M.K.M juga aktif dalam organisasi lain seperti sebagai pengurus di Pengurus Besar Gabungan Serikat Buruh Islam Indonesia (PB Gasbiindo). Berbekal dari wawasan pendidikan S2, ditambah dengan pengalaman organisasi dari S1, membuat Arif S.Kep, M.K.M menjadi pemuda yang kritis terhadap isu politik yang berkembang, sehingga ia merasa ingin mendalami politik lebih dekat. Maka pada 2017 Arif S.Kep, M.K.M mendapat kesempatan menjadi tenaga Ahli pendukung anggota DPD RI, Emma Yohanna.

"Selama jadi tenaga ahli, begitu banyak wawasan politik praktis yang di dapat, karena selalu hadir di setiap rapat anggota di Gedung Senayan Jakarta," cerita istri dari Ade Sisi Lubis. Tak berhenti di sana, sebagai warga rantau di Jakarta, Arif S.Kep, M.K.M juga aktif di organisasi-organisasi minang. Ia pernah jadi Pengurus Persatuan Pasaman Raya, yang anggotanya terdiri dari perantau yang berasal dari Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman.

Selain itu Arif S.Kep, M.K.M juga jadi pengurus di DPP Ikatan Keluarga minang yang diketuai Dr H Fadli Zon, S.S., M.Sc., dan juga jadi Wakil Sekretaris di organisasi jaringan perantau minang dunia (Minang Diaspora Network Global) yang diketuai Dr Dino Patti Djalal, M.A.

Selama jadi pengurus Minang Diaspora, Arif S.Kep, M.K.M mendapatkan wawasan dan jaringan yang sangat luar biasa, karena komunikasi dengan perantau minang terbuka lebar ke seluruh penjuru dunia. Prestasi yang luar biasa, sudah hampir dua tahun, Arif S.Kep, M.K.M di percaya sebagai peneliti luar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Puslitjak Kemendikbud).

Berbekal dari pengalaman berorganisasi, Arif S.Kep, M.K.M mencoba terjun di dunia politik, dengan terdaftar sebagai bacaleg PPP untuk DPRD Kabupaten Pasaman. "Sebagai anak asli Pasaman Barat, saya ingin mempraktekan ilmu yang sudah saya peroleh di tanah kelahiran ini," ucap Arif S.Kep, M.K.M yang kini sebagai Ketua DPP Alumni STIKes YPAK Padang. (*)


Post a Comment for " TERJUN KE DUNIA POLITIK : Arif S.Kep, M.K.M Ingin Mengabdi di Tanah Kelahiran"